Sabtu, 10 Agustus 2013

Perawatan Harian Cendet, Pentet, Toet

Burung Cendet, Pentet, Toet
Perawatan   Harian Cendet, Pentet, Toet - pada dasar nya perawatan cendet sama dengan perawatan burung kicau yang lain. yaitu dengan pengaturan pola makan, penjemuran, pemberian EF yang baik sehingga menjadikan si burung untuk rajin berkicau

Berikut adalah tipsPerawwatan Harian Cendet:


  1. Pertama diawalai dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan, dan kebanyam para penghobi burung sudah tahu ciri-ciri bedanya antara burung jantan dan betina. 
  2. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai spray pada sekitar jam 7.00 - 8.00an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan (karena kondisi artikel ini dibuat kebetulan lagi musim hujan).
  3. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah (sama dengan atas: (karena kondisi artikel ini dibuat kebetulan lagi musim hujan), selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras sekira kondisi burung sudah fresh kembali setelah dimandikan.
  4. Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (maaf tidak bermaksud promosi: to**ong sudah lumayan bagus) karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang sudah cukup untuk kebutuhan si burung.
  5. Berilah makanan tambahan pada burung atau yang lebih dikenal dengan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik setiap pagi 5 - 7 ekor dan sore demikian juga cukup dengan 4-5 ekor saja, bisa juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 1-2 hari dan juga berikan kroto sebagai variasi jenis EF lainnya yang juga bisa menambah asupan protein buat burung.
  6. Sekalipun Cendet atau Pentet dikenal oleh khalyak kicau mania adalah merupakan burng yang sangat cocok dijadikan sebagai master untuk burung jenis lainnya, namun tidak ada salahnya jika Pentet pun dimaster dengan burung lain dengan tujuan adar menambah variasi kicauan Cendet itu sendiri. Pemasteran suara dapat dilakukan dengan cara melalui suara burung secara langsung seperti misalnya didekatkan dengan burung-burung dengan suara yang indah dan unik namun diusahakan yang sudah gacor, seperti jalak suren, kenari, murai batu, atau burung lain yang kita anggap pantas untuk dijadikan sebagai master dan bisa dimaster dengan menggunakan suara burung dalam bentuk MP3 yang sudah pernah jadi jawara (bisa download di internet) tinggal pilih dan download jenis burung apa yang akan kita pilih sebagai master dengan settingan suara yang bisa membuat burung  kita bisa berlatih dan terbiasa dengan suara tersebut, sehingga akan menambah variasi suara Cendet kita.  
  7. Dan yang terakhir yang perlu diperhatikan dan tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si burung.
  8. Perawatan untuk persiapan lomba
  9. Cara merawat burung lomba sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada step ini yakni menyiapkan burung supaya memiliki tingkat birahi yang diinginkan serta mempunyai stamina yang stabil. Kunci kesuksesan perawatan lomba yakni mengetahui dengan baik cii-ciri dasar tiap-tiap burung.

Semoga artikel Perawatan Harian Cendet, Pentet, Toet bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar