Kamis, 31 Januari 2013

Tips menjodohkan kenari

Tips menjodohkan kenari - Sobat blogger ane mau ngasih tips buat referensi sobat blogger yang pengen ternak kenari berdasarkan pengalaman ane........

Tips pertama, pastikan kenari jantan dan betina yang akan dijodohkan sudah berumur alias sudah memasuki masa subur untuk kawin. Biasanya kenari jantan berumur 8-9 bulan dan betina 7-8 bulan. Ukuran umur kenari ini tidak baku, ada juga kenari yang umurnya masih 6 bulan sudah birahi dan minta kawin. Tetapi ada juga kenari yang sudah berumur 12 bulan lebih belum birahi. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis burung kenari tersebut dan masih banyak faktor lain yang membuat kenari tidak birahi. 
Tips kedua, untuk pejantan pastikan sudah gacor dan memiliki mental yang bagus atau petarung agar tidak takut dengan betina.
Tips ketiga, dekatkan sangkar jantan dan betina terlebih dahulu. Baik saat dijemur dipagi hari atau pada saat malam hari. Hal ini terbukti mempercepat proses perjodohan kenari jantan dan betina (pengalaman pribadi).
Tips keempat, kenari jantan dan betina bisa dicampur bila keduanya sudah menunjukkan tingkat laku seperti berikut. Kenari jantan sudah menabrak-nabrak sangkar sambil berkicau, sedangkan kenari betina sudah mengepakkan sayapnya bila si jantan berkicau. Sesuai pengalaman pribadi, hal ini merupakan saat bagi peternak untuk mencampur keduanya. Untuk lebih baiknya, pantau kenari jantan dan betina saat pertama kali dicampur, agar jika keduanya berkelahi Anda dapat memisahkkan lagi. Kenari sudah berjodoh dapat ditandai apabila si jantan dan betina sudah saling meloloh (pengalaman pribadi).
Itulah tips menjodohkan kenari yang sering ane lakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar